MERTI DUSUN SANGGRAHAN 1

admin 04 September 2024 12:06:13 WIB

MUNTUK, DLINGO - Minggu, 14 Juli 2024 warga Dusun Sanggrahan 1 dan 2 Kalurahan Muntuk menyelenggarakan Kirab Budaya dalam rangka Merti Dusun padukuhan Sanggrah.

        Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Kalurahan Muntuk, Pemerintah Kalurahan, dan masyarakat Padukuhan Sanggrahan 1 dan 2. Kegiatan Kirab Budaya ini merupakan kirab gunungan yang dilakukan untuk memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pada pelaksanaannya, masyarakat Padukuhan Sanggrahan 1 dan Padukuhan Sanggrahan 2 berjalan bersama sama secara teratur dan berurutan dari depan hingga ke belakang dalam suatu rangkaian acara.

        Acara gunungan sendiri merupakan bagian budaya yang merupakan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki telah diberikan selama ini. Kirab budaya ini digelar dengan tujuan untuk mempromosikan dan melestarikan warisan budaya tradisional, mengenalkan budaya dan tradisi kepada masyarakat umum dan generasi muda, serta menjadi momen untuk merayakan dan menghormati budaya lokal.

       Hasil bumi pada Gunungan akan dibagikan kepada masyarakat setempat, masyarakat akan berebut untuk mendapatkan hasil bumi pada Gunungan. Dengan adanya kegiatan Kirab Budaya ini, harapannya Kalurahan Muntuk tepatnya di Padukuhan Sanggrahan 1 dan 2 dapat terus melestarikan adat budaya Merti Dusun kepada generasi muda mendatang, dan dapat mengenalkan adat budaya ini kepada masyarakat luas. Dengan adanya acara ini, masyarakat juga dapat meningkatkan kebersamaan dan menjalin silaturahmi antar masyarakat

Komentar atas MERTI DUSUN SANGGRAHAN 1

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License