Bas-basan

Administrator 13 Juni 2021 11:03:30 WIB

Permainan bas-basan mirip dengan permainan catur, yang membedakan adalah cara jalan permainan bas-basan bisa maju, mundur, ke kanan, ke kiri, atau miring (diagonal). Untuk memainkan bas-basan, tidak ada papan khusus. Permainan ini hanya mengandalkan gambar bidang di lantai, di tanah, atau papan seadanya. Pionnya (alat peraga) pun cukup mudah didapatkan, yaitu dengan batu, pecahan genteng, atau tankai daun singkong yang dipotong-potong. Pion yang digunakan antarpermain yang terpenting adalah beda rupa untuk membedakannya.

Jumlah pion yang dibutuhkan setiap pemain adalah 18 biji. Dari permainan tradisional bas-basan ini, terdapat makna yang terkandung di dalamnya, yaitu bahwa semua manusia haknya sama, tidak ada pangkat atau kedudukan, semua sama di mata Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga, manusia juga memiliki kebebasan dalam melangkah. Ia bebas mau melangkah ke kanan, kiri, samping, maju, ataupun mundur.

Langkah itu adalah pilihan setiap manusia dimana setiap langkah yang diambil memiliki konsekuensi masing-masing. Permainan ini dapat melatih kepekaan dalam menyusun strategi supaya tidak mudah dikalahkan lawan serta melatih kecepatan dan ketepatan dalam berfikir.

Komentar atas Bas-basan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License