Suran

Administrator 12 Juni 2021 11:52:50 WIB

Suran adalah upacara adat untuk memperingati tahun baru Jawa dan Islam. Sebelum Islam masuk di Jawa, orang-orang Jawa sudah memiliki hitungan tahun sendiri yaitu Tahun Saka, yang menggunakan perhitungan Rembulan dan ternyata sama dengan perhitungan Tahun Hijriah.

Dalam hal ini, masyarakat Jawa meyakini bahwa malam 1 Suro adalah malam yang Sakral. Masyarakat Jawa meyakini bahwa pada malam 1 Suro adalah waktu yang tepat untuk melakukan Jamas Pusaka (membersihkan pusaka).

Ada juga masyarakat yang memperingati 1 Sura ini dengan merenung dan berdo’a agar tahun kedepan lebih baik dari tahun yang lalu. Pada saat malam 1 Suro, warga berdoa agar dijauhkan dari Musibah atau Tolak Bala. Untuk memperingtai 1 Suro, warga melakukan kenduri dengan tujuan mempererat tali silaturahmi antarwarga dan juga mendo’akan para leluhur mereka.

Komentar atas Suran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License