Pelatihan Bumdes hari pertama

Administrator 16 November 2017 21:27:06 WIB

Pada hari Kamis, 16 November 2017 di aula balai Desa Muntuk diadakan pelatihan Bumdes yang diikuti oleh Pengurus Bumdes,  PKk,  Pelaku Usaha,  Pelaku Wisata,  Pamong Desa,  Bapak Ibu  Dukuh dan beberapa tokoh masyarakat.  Acara dibuka oleh Lurah Desa Muntuk yang pada hari ini diwakilkan kepada Bapak Suwardi selaku sekretaris Desa Muntuk.  Beliau menghimbau bahwa dengan diadakannya pelatihan Bumdes ini semoga dapat menyalurkan Ilmu yang didapatkan sehingga dapat mencapai tujuan pemerintah desa menuju yang lebih baik.  

Pelatihan ini sepenuhnya di biayai oleh APBDes  tahun anggaran 2017 dengan pwnyertaan modal awal 100jt.  Pelatihan akan dilaksanakan selama 3hari di aula desa muntuk.  

Narasumber memberikan materi  Bumdes yang dalam hal ini dibagi menjadi 3bidang pembahasan.  Pembahasan pertama diberikan kepada ibu Pipit yang membuka pelatihan dengan yel-yel agar lebih bersemangat.  Beliau nuga menegaskan bahwa Bumdes jangan mematikan usaha yang ada yakni harus bisa menciptakan peluang bagi usaha yang sudah ada.  

Materi selanjutnya diampaikan oleh saudara yang dalam hal ini beliau berfokus pada desamart.  Tujuan dari desamart itu sendiri yakni menyediakan kebutuhan rakyat dengan harga yang jauh lebih murah minimal sama dengan harga barang yang berada di area luar desa muntuk karena tujuan utama yang terpenting yaitu agar masyarakat membeli produk dalam lingkup desa sensiri.  

Materi yang terakhir diberikan oleh yakun yang berfokus pada penjualan online shop. Karena trend saat ini pwnjualan online sangat menguntungkan maka kita juga harus pintar menggunakan sosial media untuk penjualan produk lokal itu sendiri.  

 

Dokumen Lampiran : Pelatihan Bumdes hari pertama


Komentar atas Pelatihan Bumdes hari pertama

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License