Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Satlinmas

Administrator 15 November 2017 10:45:04 WIB

Rabu, 04 Oktober 2017 dilaksanakan pengambilan Sumpah dan pelantikan SATLINMAS Desa Muntuk yang diikuti oleh seluruh LINMAS Desa Muntuk, Pamong Desa, Kepala satuan Trantib Kecamatan, Rohaniawan, dan satpol PP Kabupaten Bantul. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Lurah Desa Muntuk Kelik Subagyo, SE. beliau menyampaikan agar dapat bersatu padu menjunjung Kesatuan dan Persatuan agar dapat melaksanakantugas dengan Penuh tanggungjawab. Sambutan kedua disampaikan oleh ketua satpol pp bantul yg diwakilkan oleh Sekretaris satpol pp bantul bp bayubroto diharapkan satuan linmas dapat melaksanakan tugas dengan penuh tggungjawab. Diperlukan kesiapan fisik yang kuat karena tugas linmas sangat berat.  Adapun tugas-tugas Linmas antara lain:

  1. Melakukan bela negara (misalnya negara dalam keadaan perang linmas harus siap membantu memobilisasi masyarakat)
  2. Linmas diberikan tugas dan tanggungjawab untuk menjaga keamanan dalam pemilu
  3. Bertugas dalam menanggulangi atau berpartisipasi dalam bencana alam (misalnya mendata potensi daerah rawan bencana ataupun bencana sosial yang terjadi di wilayah desa)
  4. Tugas-tugas kemasyarakatan diharapkan bisa menyatu kepada masyarakat contoh dalam acara pernikahan, merti dusun ataupun kegiatan lain. 5. Ikut menjaga dan memelihara ketertiban masyarakat. 

beliau memberikan pesan untuk "Marilah kita menyatukan langkah agar narkotika ataupun miras tidak beredar di wilayah kita"

"mewaspadai terorisme yang masuk ke wilayah desa jangan sampai terlena"

"mewaspadai anak karena remaja sekarang banyak yang menggunakan teknologi informasi yang sudah canggih"

diakhir sambutannya beliau menyampaikan nahwa dengan adanya SK dari kabupaten nantinya LINMAS akan diberikan pengghargaan setiap 10 tahun akan diberikan oleh bupati, setip 20tahun akan diberikan oleh gubernur, dan setiap 30 tahun akan diberikan oleh mentri dalam negri terhitung mulai hari ini 4 okt 2017. Sambutan terakhir diberikan oleh kecamatan dlingo yg diwakilkan Bp kasi trantib Bapak Eko beliau mengharapkan dengan adanya orang-orang terpilih ini diharapkan dapat meningkatkan kerukunan dan kentrentaman masyarakat, adapun hak yang akan diterima adalah berupa fasilitas seperti seragam, sepatu, HT, dan fasilitas lainnya. Untuk honor linmas diharpakan lurah desa Muntuk menganggarkan. Masing-masing RT minimal 1 orang agar dapat mengkoordinasi secara menyeluruh. Diharapkan linmas tampil paling depan.

Komentar atas Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Satlinmas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License